Bagaimana Cara Membedakan Arteri dan Vena ?


Bismillahirrahmaanirrahim 
Assalamu'alaikum 


Saya akan menulis sesuatu hal tentang arteri dan vena pulmonalis. Hal ini berawal dari kebingungan saya dengan penjelasan sesorang yang saya dengar. Bagaimanapun ini hanyalah opini saya. Oleh karena itu, apabila saya salah, pembaca sekalian dapat mengoreksi saya.

Baiklah, seperti yang kita ketahui vena dan arteri adalah pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita yang bertugas untuk mengedarkan darah dan saripati makanan. Vena berarti pembuluh darah yang arahnya menuju jantung. Sedangkan arteri adalah pembuluh darah yang keluar dari jantung. Pembuluh darah itu, pada umumnya berwarna kemerahan atau kebiruan, bergantung pada kadar oksigen dalam darah yang diangkutnya.

Arteri cenderung berwarna merah karena kadar oksigen dalam darah yang diangkutnya besar. Sedangkan vena cenderung berwarna kebiruan karena kadar oksigennya kecil. Tetapi, yang penting adalah tidak semua arteri itu kadar oksigennya besar dan tidak semua vena kadar oksigennya kecil.

Arteri pulmonalis inilah yang kadar oksigennya justru lebih kecil daripada kadar oksigen pada vena pulmonalis. Oleh karena itu, warna dari arteri pulmonalis cenderung kebiruan dan warna vena pulmonalis cenderung kemerahan.

Maka, apabila dalam gambar menunjukan pembuluh darah berwana merah pastilah itu arteri. Sedangkan apabila berwarna biru pastilah itu vena. Tapi, apabila pembuluh darah yang digambarkan itu letaknya di paru-paru (pulmo), maka pernyataannya akan berbalik menjadi yang berwarna merah adalah adalah vena dan yang berwarna biru adalah arteri.

Hal yang menyebabkan arteri pulmonalis memiliki sedikit kadar oksigen adalah karena arteri pulmonalis keluar dari jantung bagian bilik kanan (Ventrikel dextra) yang menampung darah dari seluruh tubuh yang sedikit kandungan oksigennya. Karena telah digunakan dalam proses metabolisme sel untuk membakar glukosa. Sebaliknya, vena pulmonalis mengandung kadar oksigen yang besar karena vena pulmonalis datang dari paru-paru menuju jantung. Sehingga darah yang mengalir dari arteri pulmonalis sudah di difusi (pertukaran oksigen dan karbondioksida) di alveolus. Maka dari itu, darah yang mengalir di vena pulmonalis adalah darah yang kandungan oksigennya banyak.



Pembuluh darah kapiler pada alveolus (paru-paru)


Karena pembuluh darahnya berada di paru-paru maka, yang berwarna biru adalah arteri dan yang berwarna merah adalah vena.














Karena pembuluh darahnya terletak pada organ lain (bukan paru-paru). Maka yang berwarna merah adalah arteri dan yang berwarna biru adalah vena.



Sekian untuk postingan kali ini. Jangan salah lagi ya dalam menentukan arteri atau vena. Semoga bermanfaat.

 Gambar oleh : Netter M. D.
Keterangan : Vena pulmonalis = vena yang berasal dari paru-paru
                      Arteri pulmonalis = arteri yang mengarah ke paru-paru.

Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Novel Demung Janggala

Laporan Praktikum Uji Enzim Katalase

Biograpi Oto Iskandar Dinata dalam Bahasa Sunda