Kesanku tentang Farmasi


Assalamualaikum

Teman-teman..

Aku mau berbagi kesanku tentang kuliah di farmasi ya…

Sebelumnya aku kenalan dulu deh…

Namaku Tsara, sekarang aku mahasiswa farmasi unsoed semester 4.

Sebenarnya baru akan masuk semester 4 tanggal 25 Februari nanti InsyaAllah, dan sekarang aku sedang menikmati liburan akhir semester 3 yang durasinya 1 bulan lebih hehe…

Sebelum ini, aku juga cerita tentang bagaimana aku masuk jurusan ku sekarang, kalau penasaran klik à Part 1 Part 2 ya.. hehe

Oke…

Ketika mendengar kata farmasi yang terlintas di pikiran pasti tentang obat-obatan kan ya…

Ketika memutuskan untuk memilih jurusan farmasi, sebenarnya belum begitu memahami sebenarnya apa yang akan aku pelajari, aku beranggapan bahwa akan kuliah hanya seputar obat-obatan saja.

Memang benar, pada akhirnya akan berhubungan dengan obat-obatan. Tetapi kenyataannya tidak begitu saja dan tidak hanya itu. Karena pada dasarnya mata kuliah dirancang agar bisa berkaitan satu dengan yang lain dan dimulai dengan ilmu-ilmu dasarnya terlebih dahulu.

Urutan dan jenis mata kuliah kemungkinan akan berbeda antara satu univ dengan univ lain. Aku sendiri di farmasi unsoed saat memasuki semester 1 sudah dikenalkan dengan meracik obat di mata kuliah farmasetika. Aku mendapat pengalaman membuat sendiri obat, dari yang bentuknya serbuk, cair, salep, pil, dan lain-lain.

Selain itu, mungkin sudah menjadi hal yang pasti kalau masuk farmasi ya banyak mata kuliah tentang kimia. Dan ya memang benar.. hehe. Tetapi di samping itu kalian juga akan bertemu mata kuliah lain yang pada akhirnya akan menunjang ilmu kalian sebagai farmasis, diantaranya mata kuliah tentang tubuh manusia (Anatomi dan Fisiologi), ilmu penyakit, ilmu biologi (yang mengarah pada mikroorganisme), ilmu tentang tanaman obat dan lain-lain. Semakin kalian memasuki semester-semester selanjutnya, pasti akan terasa bagaimana antar mata kuliah itu saling berhubungan.

Oh ya.. ada juga mata kuliah matematika dasar. Jadi bertemu lagi ya dengan matematika hehe.. Tetapi matematika di sini hanya perhitungan dasar saja untuk menunjang pemahaman di mata kuliah lain khususnya kimia. Karena selain memahami proses-proses kimia kalian juga tentunya harus melakukan perhitungan ini dan itu… ^^

Tidak ketinggalan, ada juga mata kuliah wajib seperti pendidikan agama dan kewarganegaraan.

Jadi sekarang setidaknya sudah ada gambaran ya.. kalau farmasi itu tidak hanya belajar tentang kimia. Oleh karena itu, kalian tidak bisa hanya menyukai kimia dan membenci biologi, matematika, fisika dan teman temannya kemudian masuk farmasi. Karena kalian akan bertemu dengan “mereka”. Kalau kalian membencinya, dikhawatirkan yang ada hanya perasaan tertekan tanpa bisa menikmati dan mendapatkan ilmu dengan baik.

Untuk sementara mungkin hanya itu yang bisa aku ceritakan. Karena aku pun masih harus melewati perjalanan panjang untuk menyelesaikan pendidikanku di farmasi ini. Aku harap tulisan ini bisa menjadi gambaran bagi teman-teman yang mungkin ingin kuliah di farmasi.

Semoga bermanfaat..

Terima kasih, wassalamualaikum J

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Novel Demung Janggala

Laporan Praktikum Uji Enzim Katalase

Biograpi Oto Iskandar Dinata dalam Bahasa Sunda